Gempa Bumi Magnitudo 5,7 Guncang Nias Selatan

Jakarta (FI) – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa magnitudo 5,7 mengguncang Nias Selatan, Sumatera Utara, Rabu petang sekitar pukul 18.16 WIB.

Gempa tersebut terletak di laut dengan koordinat 0.42 LU dan 98.50 BT. Berjarak 78 kilometer arah Tenggara Nias Selatan, pada ke dalaman 57 kilometer.

Bacaan Lainnya

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, Rabu, melaporkan bahwa selain Nias Selatan, getaran gempa juga dirasakan beberapa saat oleh warga di Gunung Sitoli, Sumatera Utara dan Sumatera Barat (Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Padang Panjang) dengan skala II-III.

Namun, BMKG belum melaporkan secara rinci terkait pemicu dan dampak yang ditimbulkan terhadap masyarakat akibat gempa tersebut.

Untuk itu, masyarakat diimbau supaya tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, sampai hasil analisa peristiwa menyeluruh dilaporkan oleh BMKG.

Hasil analisa tersebut bisa didapatkan masyarakat dengan cara mengakses aplikasi daring InfoBMKG, media sosial infoBMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.(Agus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *