Bupati Rohil Pimpin Apel Siaga Penanggulangan Karhutla Tahun 2024

ROHIL, jurnalriau.com – Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (19/3/2024) menggelar apel siaga kesiapan mencegah terjadinya karhutla di wilayah Rohil pada awal tahun 2024. Sedikitnya ribuan peserta upacara dari undangan dan berbagai kalangan hadir di Lapangan Taman Budaya, Batu Enam, Bagansiapiapi.

Apel siaga penanggulangn karhutla wilayah Rohil awal tahun 2024 ini langsung dipimpin oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong. Tampak hadir dalam apel tersebut Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto, Dandim 0321, Asisten I H. Ferry H. Parya, Asisten III H. Ali Asfar, Staf Ahli M. Nurhidayat, Kasatpol PP H. Syafnurizal, BPBD Ari Putra Darma, Ketua DPRD Maston, PT. Jatim, beberapa Kepala OPD, Kejari Rohil yang diwakili oleh Yosventino, Kemenag, Camat se-Kabupaten Rohil, instansi terkait lainnya dan jajaran PNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir.

Bacaan Lainnya

Apel ini bertujuan untuk mengintegrasikan seluruh komponen pemerintah, TNI-Polri, dan perusahaan serta masyarakat dalam menghadapi bencana, serta meningkatkan upaya mitigasi bencana melalui pembentukan fisik dan kesadaran serta kemampuan semua pihak dalam menghadapi bencana, terkhusus penanggulangan karhutla di wilayah Rohil.

Mengawali apel siaga, Bupati terlebih dahulu melakukan pemeriksaan pasukan dan peralatan satgas bersama Kapolres Rohil, TNI, Ketua DPR, dan Kejari. Dalam sambutan Bupati menyampaikan di masa ini kita sudah mengalami musim kemarau, diharapkan kepada seluruh aparat pemerintah, aparat desa dan perusahaan serta masyarakat harus tingkatkan kewaspadaan untuk mencegah dan menanggulangi terjadinya karhutla. “Mari kita bersama-sama tingkatkan kewaspadaan, baik itu aparat pemerintah dan aparat desa serta masyarakat dan pengusaha, dimasa kemarau ini saling menjaga dan mencegah jangan terjadi bencana karhutla.” ujarnya.

Bupati juga menghimbau agar daerah yang rawan api dan berpotensi menyebabkan karhutla dipantau. Disela itu juga Bupati mengingatkan kembali dibeberapa tahun yang lalu terjadi karhutla yang telah memakan korban jiwa yang dialami satgas, jadi jangan sampai terulang hal yang sama lagi, dan mari kita tingkatkan kewaspadaan, sambil mengucapkan salam tangguh dari Bupati seraya disambut dengan riuh semangat oleh satgas, upacara apel siaga selesai dilaksanakan. Selanjutnya setelah apel siaga selesai pihak perusahaan PT. Jatim melakukan penyerahan secara simbolis bantuan berupa alat pemadam kebakaran kepada pemerintah daerah untuk satgas di lapangan.(M.Nazlan)

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *