Rugikan negara Rp.394 juta, Tim JPU menerima Penyerahan TSK & BB perkara pajak An.Tersangka IAR

PEKANBARU,jurnalriau.com – Tim Jaksa Penuntut Umum Kejati Riau bersama Kejari Pelalawan menerima Penyerahan Tersangka, Berkas Perkara & Barang Bukti perkara pajak An.Tersangka IAR dari PPNS Kanwil DJP Riau di Kantor Kejati Riau.(07/12/2023)

Perkara pajak An.Tersangka IAR dinyatakan lengkap memenuhi syarat formil dan materil (P-21) pada tanggal 30 November 2023 yang lalu. Dalam perkara pajak ini, Tersangka IAR selaku Dirut PT.TNB secara sengaja melawan hukum tidak menyetorkan Pajak Pertambahan Nilai dalam kurun waktu Januari – Desember 2019 yang dipungutnya dari pihak lawan transaksi yang disetor dimuka.

Sehingga berdasarkan data Pajak Keluaran Pajak Masukan (PKPM) dan bukti setoran PT. TNB terdapat kekurangan bayar dalam tahun pajak 2019 yang tidak disetorkan ke kas negara sebesar Rp.394.769.525,-

Bacaan Lainnya

Perbuatan Tersangka IAR tersebut disangkakan telah melanggar Pasal 39 ayat (1) huruf i Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2007 Tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata

cara Perpajakan. Dengan Ancaman hukuman dipidana dengan pidana penjara paling singkat 6 (enam) bulan dan paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling sedikit 2 (dua) kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar dan paling banyak (empat) kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.

Dalam menyelesaikan perkara ini, Tim JPU kemudian memperpanjang masa penahanan Tersangka IAR terhitung per hari ini hingga 20 hari kedepan di Rutan Kelas I Sialang Bungkuk Pekanbaru guna persiapan pelimpahan dan pembuktian di persidangan yang akan digelar di Pengadilan Negeri Pelalawan.

Melalui penegakan hukum secara profesional, Kejaksaan Tinggi Riau berharap agar setiap wajib pajak dapat meningkatkan kepatuhan secara sukarela, mendorong kemudahan investasi, meningkatkan sistem pengawasan dan penegakan hukum yang memberikan kepastian, keadilan, dan kemanfaatan. Karena setiap pajak yang dibayarkan hanya diperuntukkan bagi kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara.(Eno)

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *