Memperingati Maulid Nabi 1445 H PKDP Pelalawan Malamang 1445 Batang

PELALAWAN,jurnalriau.com – Suasana gembira dan khidmad begitu terasa saat acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H yang di selenggarakan Persatuan keluarga daerah Piaman (PKDP) Pelalawan pada tanggal 06 November 2023 di Masjid Nurul Amal PKDP Pelalawan.

Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri Bupati Pelalawan H. Zukri Misran dan jajaran, hadir juga Kemenag Pelalawan, camat Pangkalan Kerinci, anggota DPRD Kabupaten Pelalawan H. Abdullah, sekretaris DPW PKDP Riau Martius Busti SH. MH, wakil ketua DPP PKDP-RI yang juga ketua Gempar Propinsi Riau H. Amran Tambi dan jajaran, Mande Piaman DPW PKDP Provinsi Riau yang diwakili oleh Hj Yurni Elok dan Ketua Mande Piaman DPD Pelalawan Hj Ernawati,, Ketua IKMR Pelalawan Afyar beserta Jajaran pengurus, ketua-ketua DPD dan DPC PKDP dan Mandeh Piaman seluruh propinsi Riau, ketua-ketua paguyuban, ninik mamak, tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh-tokoh agama yang ada di Pelalawan aerta RT, RW setempat.

Keluarga besar PKDP Kabupaten Pelalawan, serta seluruh masyarakat yang hadir terlihat tumpah ruah sampai ke halaman masjid tampak antusias mengikuti acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan sembari menikmati lamang tapai masakan khas Pariaman yang dihidangkan panitia.

Bacaan Lainnya

Adapun rangkaian kegiatan acara ini dipandu Tauhid Marifatullah SIP. MIP. Sekretaris PKDP Kabupaten Pelalawan.

Dalam sambutannya ketua PKDP Pelalawan H. Muhammad Akmal (Da Ad) menyampaikan, bahwa masyarakat PKDP Pelalawan Kab.Pelalawan merayakan Maulid Nabi dengan tetap menggelar Tradisi malamang, badikia atau sarafal anam, serta salawat dulang dan makan bajamba atau basantok bersama. Ini sebagai wujud kecintaan ke tanah ranah dan peran aktif PKDP dalam melestarikan kebudayaan nasional.

Dalam sambutannya beliau juga menyampaikan terima kasih untuk kehadiran Bupati dan seluruh tokoh masyarakat serta seluruh masyarakat. Terkhusus kepada panitia yang dipimpin oleh Gusrinaldi Dt. Sati, jajaran pengurus, alim ulama, ninik mamak, urang tuo, penasehat, BKM Masjid Nurul Amal, Mandeh Piaman dan seluruh warga PKDP yang telah menyumbangkan pikiran, tenaga, waktu dan materi untuk mensukseskan acara ini.

Semua usaha dan perjuangan yang dilakukan panitia, pengurus dan semua warga bukan karena sosok seorang ketua atau karena mengharapkan imbalan tapi *semata-mata tergerak dan bergerak sebagai wujud kebersamaan dan jawaban atas pesan cinta Rasulullah dan mengharap ridho dari Allah SWT” ‘kata H. Muhammad Akmal dalam sambutannya.

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Pelalawan Bapak H Zukri Misran SE adalah bentuk nyata perhatian pemerintah dan sinergi PKDP dengan Pemerintahan Kab. Pelalawan. H.M. Akmal (Da Ad) pada kesempatan itu juga memberikan hadiah khusus kepada orang nomor satu Kabupaten Pelalawan Zukri Misran dengan memberikan kepanjangan nama Zukri Misran “Zikir Untuk Kuatkan Rasa Iman Menjalankan Islam Sesuai Risalah Ajaran Nabi”. Pads kesempatan itu juga PKDP Pelalawan memberikan sebuah cendera mata sebuah miniatur tabuik (ikon budaya daerah Piaman) pada Bupati Pelalawan.

Ungku Labai Sakti dalam sambutannya dihadapan para tamu undangan,masyarakat minang yang hadir dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW berpesan bahwa dalam memperingati Maulid Nabi ini, mari jadikan sebagai suri tauladan dalam menjalani kehidupan.

Pantauan Awak media acara Maulid Nabi Muhammad SAW di masjid nurul amal berjalan dengan penuh khikmad dari ceramah agama dan lanjut acara berzikir selapan anam sampai subuh dan di siang hari tanggal 7 November 2023 dilaksanakanya basantok di masjid Nurul Amal PKDP Kab.Pelalawan.

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *