Prakiraan Cuaca dan Hotspot di Riau pada 1 November 2023

PEKANBARU,jurnalriau.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru merilis prakiraan cuaca untuk wilayah Provinsi Riau, Rabu (1/11/2023).

Forecaster BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna menjelaskan bahwa pagi ini udara di Riau kabur dan cerah berawan, namun tanpa potensi hujan

Sedangkan, pada siang hari, cerah berawan – berawan. Dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi hampir di sebagian wilayah Siak, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

Bacaan Lainnya

Lalu, sore hingga malam hari, cerah berawan – berawan. Dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kampar, Bengkalis, Siak, Kuantan Singingi, Rokan Hilir, Indragiri Hulu, Dumai dan Pekanbaru.

Kemudian, dini hari, udara kabur berawan dengan potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar dan Pelalawan.

“Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Kuantan Singingi, Pelalawan, Siak dan Indragiri Hulu pada siang atau sore dan malam hari,” imbaunya.

Kemudian, untuk suhu udara antara 22.0 – 33.0 °C dengan kelembapan udara 55 – 99 %, angin bertiup dari Tenggara menuju Barat Daya dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.

“Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah),” jelasnya.

Sedangkan, untuk titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera mencapai 794 titik.

Yaitu tersebar di Provinsi Sumatera Barat 4 titik, Bengkulu 2 titik, Jambi 16 titik, Lampung 61 titik, Sumatera Selatan 690 titik, Bangka Belitung 16 titik, dan Riau 5 titik.

“Ada 5 titik panas di Riau, yaitu terdapat di Kabupaten Indragiri Hulu 4 titik dan Indragiri Hilir 1 titik,” jelasnya.

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *