Helat Pelalawan ke 24 Tahun 2023, Bupati : Pelalawan akan Jadi Tujuan Wisata Baru

PELALAWAN,jurnalriau.com – Bupati Pelalawan,H.Zukri,SE menyampaikan bahwa di usia Kabupaten Pelalawan ke 24 tahun, tentu banyak cita-cita dan mimpi para pendiri Kabupaten Pelalawan. Helat Pelalawan tahun 2023 memilih tema “Melaju Bersama Menuju Pelalawan Menawan”.

Bupati Zukri menjelaskan, tema tersebut mengandung makna, bahwa Pelalawan akan terus bersolek untuk semakin indah, semakin sedap dipandang mata. Banyak harapan besar untuk Kabupaten Pelalawan ke depannya.

“Oleh karena itu, Helat Pelalawan ke-24 ini pemerintah sengaja mengambil tagline ‘Melaju Bersama Menuju Pelalawan Menawan’, artinya Pelalawan akan terus bersolek untuk semakin indah, semakin sedap dipandang mata. Tentunya (Pelalawan) akan menjadi tujuan wisata baru di Riau dan bahkan di Sumatera, dan Indonesia,” ujarnya, Jumat (6/10/23) malam.

Bacaan Lainnya

Kabupaten Pelalawan dibentuk berdasarkan Undang-undang nomor 53 Tahun 1999. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Kampar. Pelalawan yang dikenal memiliki lokawisata ombak bono itu diresmikan oleh Mendagri pada tanggal 12 Oktober 1999 silam. Di mana Pangkalan Kerinci dipilih sebagai Ibu Kota Kabupaten Pelalawan.

H.Zukri melanjutkan, pemerintah terus melakukan upaya-upaya bagaimana menata Kabupaten Pelalawan ini agar terus ingin mensejahterakan masyarakat. Banyak program-program yang sudah dilakukan.

“Maka dihelat pelalawan yang ke-24 ini, adalah betul-betul ruang bagi rakyat bisa bergembira di setiap tahunnya dalam memperingati hari lahirnya Kabupaten Pelalawan,” ucapnya.

Diungkapkan H.Zukri, banyak kegiatan yang disiapkan, ruang ini bisa menjadi ruang ekspresi bagi anak-anak talenta Kabupaten Pelalawan. Seluruh seni dan kreator kreasi dan inovasi anak-anak pelalawan bisa ditampilkan di Helat Pelalawan. Bahkan hampir di seluruh kecamatan akan menampilkan diri.

“Ini adalah helat kita semua, ini adalah pesta kita semua maka pesta ini betul-betul harus dirasakan dan dimiliki oleh seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan yang kita cintai,” ucapnya.

Diungkapkan, pada Helat Pelalawan yang ke-24 ini pemerintah terus berinovasi dan berkreasi, supaya betul-betul menghadirkan kebersamaan bersama rakyat. Oleh karena itu terangnya, ke depannya Pemkab Pelalawan akan terus melakukan peningkatan agar Pelalawan semakin maju.

“Insyaallah dalam waktu dekat dan pemerintah juga mempersiapkan program-program yang tentu mempersolek dan memperindah, baik Kota Pangkalan Kerinci dan kecamatan-kecamatan lain di Kabupaten Pelalawan ini. Apa yang menjadi harapan masyarakat tadi itulah yang akan disiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Pelalawan kedepannya,” tutupnya.

Terpisah sebelumnya, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pelalawan, Budi Surlani mengatakan, HUT ke-24 Kabupaten Pelalawan digelar selama 7 hari, mulai tanggal 6 hingga 12 Oktober 2023.

Pemkab Pelalawan telah menyediakan 100 stan ukuran 3×3 meter untuk pelaku UMKM. Lokasinya di depan kantor bupati dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pelalawan. “Tenda pameran untuk pelaku UMKM disiapkan gratis. Saat ini sudah 120 pelaku UMKM yang telah mendaftar,” kata Budi Surlani.

Selain menyediakan tenda untuk pelaku UMKM, Pemkab Pelalawan juga telah menyediakan tenda pameran untuk organisasi perangkat daerah (OPD), pelaku bisnis, dan perusahaan. Namun, berbayar.

“Untuk pelaku usaha, perusahaan-perusahaan, dan OPD telah disiapkan 40 unit tenda. Tapi ini berbayar, tidak gratis, ukuran tendanya 5×5 meter,” ujar Budi Surlani.

Pada Helat Pelalawan akan ada artis yang didatangkan dari DKI Jakarta, yaitu Naff Band. Mereka bakal konser pada 7 Oktober 2023 malam. Kemudian, pada tanggal 8 Oktober akan ditampilkan pagelaran seni daerah dari 12 kecamatan di Pelalawan. Seni pertunjukan yang disajikan mengangkat kearifan lokal daerah setempat.

Selanjutnya, pada tanggal 9 Oktober 2023 akan ada Tabligh Akbar. Lalu, pada tanggal 10 dan 11 Oktober 2023 akan kembali mementaskan atraksi seni budaya melayu. Berbagai tarian dan permainan rakyat lokal bakal ditampilkan dari 12 kecamatan.

“Nanti ada permainan rakyat, masyarakat bisa ikut serta. Satu di antaranya permainan gasing yang digarap oleh anak-anak muda. Terakhir pada tanggal 12 Oktober 2023 acara penutupan. Kami mengundang artis Salma Salsabilla, juara Indonesian Idol 2023,” Budi menjelaskan.

Kemudian, pihaknya juga telah menyiapkan stan dalam satu kluster, khusus untuk pelayanan publik. Stan ini untuk kantor atau OPD. Baik itu di lingkup pemda dan instansi vertikal seperti kantor imigrasi, kantor pelayanan pajak, BPN, Samsat, dan Kemenag untuk memberikan pelayanan publik.

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *