Pendaftaran Calon PPPK Nakes di Riau Masih Sepi Peminat

PEKANBARU,jurnalriau.com – Satu minggu setelah dibukanya pendaftaran penerimaan seleksi pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), di lingkungan Pemprov Riau tahun 2023 masih sepi peminat. Bahkan untuk formasi Tanaga Kesehatan hingga saat ini belum ada satupun yang mendaftar melalui web bkd.riau.go.id.

Kepala BKD Riau, melalui Kabid PPIK, BKD Provinsi Riau, Endi Noveli mengatakan, belum tau pasti mengapa belum ada satupun Nakes yang mendaftar untuk mengikuti seleksi PPPK. Sementara Pemprov Riau membuka sebanyak 173 formasi untuk tenaga kesehatan.

“Belum tau pasti mengapa belum ada formasi tenaga kesehatan yang mendaftar. Mungkin dalam beberapa hari ke depan baru ada yang mendaftar. Untuk Pemprov Riau sendiri ada sebanyak 173 formasi untuk tenaga kesehatan,” ujar Endi Noveli, Kamis (28/9/2023).

Bacaan Lainnya

Dijelaskannya, saat ini jumlah pendaftar formasi tenaga pendidik atau guru 515 orang, tenaga teknis 9 orang dan tenaga kesehatan sama sekali belum ada yang mendaftar.

“Kalau guru setiap tahunnya memang banyak yang mendaftar. Karena guru memang sangat dibutuhkan di kabupaten/kota. Makanya untuk Guru kita Pemprov menerima sebanyak 3.057 PPPK tenaga guru. Sedangkan teknis 149 orang,” jelasnya.

Disinggung mengenai banyaknya keluhan masyarakat yang mendaftar namun tidak bisa masuk karena harus memasukkan materai elektronik. Endi mengatakan, pihaknya terus berusaha berkoordinasi dengan BKN untuk solusi pendaftaran, yang terkendala dengan e-materai.

“Yah memang ada beberapa pendaftar yang mengeluhkan lambatnya masuk untuk mendaftar. Termasuk pembelian e-materai, ada link pembeliannya, kalau belum masuk juga ini yang kita tunggu dari BKN solusinya. Termasuk kami meminta perpanjangan pendaftaran untuk formasi guru khusus,” katanya.

Sebagaimana telah di umumkan, untuk tahapan seleksi administrasi dimulai 19 September hingga 3 Oktober 2023. Selanjutnya pendaftaran administrasi, mulai tanggal 20 September sampai 12 Oktober 2023. Setelah itu dilanjutkan pengumuman hasil seleksi administrasi 13 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2023.

“Setelah pengumuman hasil seleksi administrasi ada juga diberikan kesempatan bagai pendaftar untuk masa sanggah, dibuka 17 sampai 19 Oktober, dan hasil jawab masa sanggah sampai 21 Oktober. Untuk penarikan masa final di tanggal 27 sampai 29 Oktober, setelah itu baru dijalankan Seleksi Kompetensi pada tanggal November sampai 2 Desember,” ungkapnya.

Untuk diketahui, kuota PPPK Pemprov Riau tahun 2023, yang telah diterima ada sebanyak 3.379 formasi. Jumlah tersebut berbeda dengan usulan yang disampaikan. Berdasarkan Kepmenpan RB 545/2023, formasi PPPK di Riau 3.376 orang. Kuota tersebut untuk pengisian tiga formasi, dengan rincian 3.057 PPPK tenaga guru, 173 tenaga kesehatan dan 149 tenaga teknis lainnya.

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *