Ikuti Program PMM, 48 Mahasiswa se Indonesia Kuliah Selama 4 Bulan di Universitas Lancang Kuning 

PEKANBARU,jurnalriau.com – Sebanyak 48 mahasiswa yang berasal dari perguruan tinggi se-Indonesia mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) 3 tahun 2023 di Universitas Lancang Kuning Riau (Unilak Riau). Kedatangan mahasiswa dari Indonesia ke bumi Tanah Melayu disambut langsung oleh Wakil Rektor I Unilak Dr Zamzami.M Kom.

Dalam program tersebut puluhan mahasiswa ini akan kuliah di kampus Unilak selama empat bulan yang dimulai dari 11 September hingga akhir Desember 2023.

Penyambutan dan perkenalan lingkungan kampus Unilak dilakukan di aula Pustaka Unilak, Senin, 11 September 2023, yang di hadiri oleh Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto SH MH, Wakil Rektor II Hardi SE MM, dekan se lingkungan Unilak, Ketua PMM 3 Unilak Ambar Triatnaningsih S HUT MSI, dan Kaprodi,

Bacaan Lainnya

Dr Zamzami M Kom mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada mahasiswa yang mengikuti seleksi dan dinyatakan lulus serta kuliah selama 4 bulan di Lancang Kuning.

Ini merupakan suatu kebanggaan dan sejarah bagi Unilak, Unilak dapat lolos pada program PMM 3 tahun 2023, dan terimakasih telah memilih Unilak sebagai tempat untuk kuliah, selain proses belajar di Unilak, mahasiswa akan diajak dan dibawa lebih banyak mengenal budaya Melayu Riau.

“Dengan tema ‘Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya’ tema ini cocok bagi mahasiswa yang mengikuti PMM 3, semoga selama di Unilak dapat mudah beradaptasi, cuaca di Pekanbaru tentu berbeda dari kampus adik- adik, tetap menjaga kesehatan, dan dapat mengikuti kuliah dengan baik, jika ada kendala atau hambatan maka silahkan berkoordinasi dengan tim/panitia yang telah disiapkan, ada baiknya jika ada sesuatu yang kurang tidak di umbar di media sosial tapi silahkan menyampaikan kepada Unilak.” ucap Dr Zamzami, Selasa (12/9/2023).

Dr Zamzami berharap para dekan dan kaprodi di lingkungan Unilak dapat membantu proses perkuliahan adik adik mahasiswa dari Indonesia, membantu untuk beradaptasi di kelas, dan proses pembelajaran, adik-adik yang mengikuti program PMM 3 ini akan mendapatkan pengakuan hingga 20 sks, dan tetap mengikuti proses ujian sama halnya dengan mahasiswa Unilak lainnya.

“Kami berharap para mahasiswa program PMM 3 ini betah dan bisa kembali lagi ke daerah asal dengan sehat dan nilai yang baik, ambil dan bawa pulang yang baik-baiknya saja dan sampaikan kepada masyarakat luas, yang tidak baik sampaikan ke kami,” ucap Dr Zamzami.

Koordinator PMM 3 Unilak Ambar Triatnaningsih S Hut MSi dalam laporannya menjelaskan, Unilak pada Desember 2023 membuat dan mengajukan proposal dengan tema modul nusantara Eksplorasi Budaya Melayu di Bumi Lancang Kuning.

Kemudian, pada Maret 2023 Dikti mengumumkan, bahwasanya Unilak diberikan kepercayaan sebagai perguruan tinggi penerima untuk terselenggaranya kegiatan PMM 3 Inbound di Indonesia.

Setelah itu, bulan Maret-Mei mahasiswa di seluruh Indonesia di perguruan tinggi mendaftarkan diri, total ada 300 mahasiswa dari 125 perguruan tinggi memilih Unilak. Lalu, dilakukan penyeleksian dan pengumuman 300 orang yang mendaftarkan diri untuk masuk ke Lancang Kuning sebanyak 55 mahasiswa dinyatakan lulus seleksi.

“Alhamdulillah dari 300 orang ini, 55 orang lolos dari 32 perguruan tinggi yang masuk di kita (Unilak) kemudian saat melakukan verifikasi kesediaan apakah bersedia atau tidak. Kemudian, dari 55 orang ternyata ada 50 orang yang bersedia dan 5 yang mengundurkan diri dengan berbagai macam faktor seperti kesehatan, keluarga dan lainnya. Dan pada akhirnya hari ini ada sebanyak 48 mahasiswa dari 26 perguruan tinggi hadir di Unilak.

Dijelaskan Ambar, bahwa mahasiswa yang kuliah di Unilak pada PMM 3 ini akan diajak berkeliling di Riau tentang Budaya Melayu, adat Istiadat, kuliner. Pelaksanaan penyambutan di Unilak dilakukan dengan menggelar tari persembahan dari mahasiswa Unilak. Selanjutkan penyerahan secara simbolis kartu mahasiswa PMM 3 kepada perwakilan mahasiswa.

Selain pengenalan lingkungan kampus, Unilak juga melakukan sosialisasi tentang sistem infomasi akademik, kemahasiswaan, fasilitas asrama dll. 48 Mahasiswa PMM 3 tiba di Bumi Riau pada Jumat 8 September 2023 di bandara SSK II Pekanbaru yang disambut langsung oleh jajaran Wakil Rektor,kemudian pada 9 September para mahasiswa dikenalkan dengan lingkungan kampus dan fakultas dan berolahraga bersama di halaman kampus.

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *