Masrul Kasmy Akan Dilantik Presiden DMDI Dunia

PEKANBARU,jurnalriau.com – Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) adalah sebuah organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya dan dakwah. Berdiri pada tahun 2000 di Malaka, Malaysia. Organisasi ini berkembang pesat hingga tersebar di 29 negara.

Adapun tujuan dari organisasi ini dibangun yakni untuk menjalin silaturrahim sesama bangsa Melayu di seluruh dunia, memajukan perekonomian, pendidikan dan kebudayaan, melestarikan nilai-nilai sejarah dan perjuangan, mewujudkan perdamaian, dan melaksanakan dakwah Islamiah.

Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Masrul Kasmy yang juga Wakil Ketua DMDI Provinsi Riau Periode 2019-2022 mengatakan bahwa dalam waktu dekat dirinya akan dilantik menjadi Ketua DMDI Provinsi Riau.

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikannya saat membuka Riau Job Fair 2023 sekaligus meluncurkan secara resmi Aplikasi PIKIR (Pusat Informasi Ketenagakerjaan Riau) atau pikir.riau.go.id di Hotel Prime Park Pekanbaru, Rabu (23/8/2023).

“InsyaAllah nanti tanggal 4 September 2023 saya akan dilantik menjadi Ketua Dunia Melayu Dunia Islam Riau,” kata Asisten I Setdaprov Riau.

“Dilantik oleh Presiden DMDI Dunia Tun Seri Setia Mohammad Ali Bin Mohammad Rustam Yang Dipertuan Negeri Melaka,” tambahnya.

Sebelumnya diberitakan bahwa kepengurusan DMDI Provinsi Riau menggelar musyawarah pemilihan ketua umum dan kepengurusan, yang berlangsung di Kantor Gubernur Riau, Senin (9/1/2023) awal bulan lalu.

Musyawarah ini dilaksanakan, karena kepengurusan DMDI Riau yang sebelumnya dipimpin oleh Datuk Ir Ajis bin Manap telah berakhir masa jabatannya pada 31 Desember 202 lalu. Sedangkan Ketua Umum DMDI Indonesia memberikan mandat kepada lima orang untuk membentuk kepengurusan DMDI Riau periode 2022-2025.

Dalam musyawarah itu, Masrul Kasmy yang saat ini menjabat sebagai Asisten I Setdaprov Riau terpilih sebagai Ketua Umum DMDI Provinsi Riau periode 2022-2025 dan Taslim Prawira sebagai Sekretaris.

“Alhamdulillah sudah terpilih ketua umum DMDI Riau yang baru, yakni Bapak Drs H Masrul Kasmy MSi. Pemilihan ini karena pengurus sebelumnya sudah berakhir masa jabatannya,” ujar Taslim Prawira.

Saat itu, Masrul Kasmy selaku Ketua Umum DMDI Riau terpilih juga menyebutkan bahwa menjadi Ketua Umum DMDI Provinsi Riau tidak lepas dari dukungan masyarakat Riau umumnya.

“Kita akan melanjutkan program terdahulu yang sudah disandingkan dengan program Pemerintah Provinsi Riau. Seperti Wisata religi, destinasi halal, pengembangan Qur’an Center dan mengangkat budaya Melayu yang ada di Kabupaten/Kota,” imbuhnya.

Ia menjelaskan bahwa tamu DMDI Riau dari beberapa Negara anggota DMDI cukup antusias berkunjung ke negeri Riau. Ini artinya DMDI Riau ke depan harus lebih semangat lagi dalam menjalin kerja sama bilateral dan multilateral.

“Mereka melihat Provinsi Riau bagaikan bunga yang sedang berkembang di jambangan. Seperti tamu dari Patani, Shongla, Jala Thailand belajar tiru di Pekanbaru selama 20 hari untuk PPL di sekolah-sekolah Pekanbaru beberapa waktu lalu,” pungkasnya.

“Dari Lembaga Adat Melaka , Datuk-Datuk Sidang kunjungan melihat dari dekat adat Istiadat Riau dan baru kemaren dari Negara Brunai Darussalam. Semoga dengan rakitan sejarah Melayu ini, akan menjadikan Riau ini penuh dengan keberkahan,” harapnya.

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *