Dampingi Menkominfo RI Kunker di Bengkalis, Gubri Syamsuar Harap Seluruh Desa di Riau Jadi Desa Digital

BENGKALIS,jurnalriau.com – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dampingi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat kunjungan kerja (Kunker) di Bumi Melayu Lancang Kuning, Kamis (24/8/2023).

Kunker di Riau dalam rangka pertemuan dengan para kepala desa dan lurah sekaligus diskusi terkait peningkatan kompetensi perdesaan Riau di era digital yang diselenggarakan di Desa Kesumo Ampai, Kecamatan Bathin Solapan.

Kedatangan Menkominfo RI dan orang nomor satu di Riau beserta rombongan disambut oleh masyarakat dengan tradisi adat suku Sakai. Mulai dari silat khas suku Sakai hingga tarian menyambut tamu agung serta tepuk tepung tawar di Balai Adat Suku Sakai.

Bacaan Lainnya

Di Desa Kesumbo Ampai ini dikumpulkan para kepala desa dan lurah (se-Pekanbaru, Siak, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kampar, Dumai dan Pelalawan) untuk membahas tentang digitalisasi desa.

Gubernur Syamsuar menjelaskan bahwa berdasarkan pernyataan Presiden, setiap desa harus sudah memiliki koneksi internet yang dapat dinikmati masyarakat agar mendapatkan kemudahan informasi dan komunikasi seperti layaknya di kota-kota besar.

Hal ini selaras Visi dan Misi Kepala Daerah Provinsi Riau yang tertuang pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Riau Tahun 2019-2024 yaitu di Bidang Pengembangan Desa Digital.

“Kami Provinsi Riau mengharapkan seluruh desa di Provinsi Riau menjadi Desa Digital. Oleh karena itu kami menghadirkan Kepala Desa se Provinsi Riau untuk dapat bertatap muka dan berkomunikasi secara langsung dengan Bapak Menteri dalam upaya menciptakan pengembangan Desa Digital,” kata Syamsuar.

Khusus untuk desa yang belum memiliki infrastruktur yang memadai diharapkan adanya bantuan pembangunan infrastruktur dan program kegiatan literasi digital yang mendukung pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam mengelola teknologi.

“Sehingga teknologi ke depan dapat dikembangkan dan digunakan masyarakat untuk melakukan pelayanan administrasi, peningkatan UMKM, dan menjadi wadah promosi pariwisata, sehingga terciptanya desa mandiri,” pungkasnya.

Saat acara peningkatan kompetensi perdesaan Riau di era digital, Menkominfo RI juga melakukan diskusi sekaligus tanya jawab bersama masyarakat dan kepala desa/lurah se Provinsi Riau. Dari keluhan yang disampaikan masyarakat ataupun kepala desa tersebut, Menkominfo akan menindaklanjuti atas persoalan yang dihadapi desa sekaligus memberi masukan kepada kepala desa agar persoalan yang ada di desa terkait digitalisasi bisa teratasi.

Turut hadir saat acara, Bupati Kabupaten Bengkalis, Kasmarni, Kadiskominfo Provinsi Riau Erisman Yahya, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Pos terkait

banner 728x90

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *