www.jurnalriau.com
Kamis, 19 09 2019
Limbah pks cemari sungai
PT SJI Bertanggungjawab dan Penuhi 7 Tuntutan Warga RBS karna diduga limbah pks cemari sungai bakong

Kamis, 04/07/2019 - 19:57:37 WIB

TERKAIT:
 
  • PT SJI Bertanggungjawab dan Penuhi 7 Tuntutan Warga RBS karna diduga limbah pks cemari sungai bakong
  •  
    Jurnalriau-pasirpengaraian – Dugaan pencemaran limbah Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PT Sumber Jaya Indah (PT SJI) Nusa Coy, Rabu (5/1/2017) lalu yang mengaliri sungai di Desa Ulak Patian dan Desa Rantau Binuang Sakti (RBS), Kecamatan Kepenuhan, Rokan Hulu (Rohul), mengakibatkan ratusan ikan mati.

    Untuk memastikan kadar baku mutu limbah PT SJI Nusa Coy tersebut, seminggu Pasca dugaan pencemaran limbah PT SJI Nusa Coy, Rabu (12/5/2019) lalu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rokan Hulu (Rohul) turun kelapangan untuk mengambil sampel.

    Dari hasil pertemuan antara PT SJI Nusa Coy dengan warga RBS yang dimediasi oleh DLH Rohul, pihak perusahaan wajib menindaklanjuti dan menyampaikan perkembangan untuk mengatasi limbah agar tidak meluas mencemari lingkungan.

    Dari sampel yang ambil Tim Verifikasi DLH Rohul, sesuai hasil Laboratorium DLH Rohul, Kepala Dinas LH Rohul Drs Hen Irpan MSi melalui Kabid Penaatan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup Muzayyinul Arifin ST M.Si mengatakan berdasarkan laporan hasil Pengujian Laboratorium DLH Rohul yang terakreditasi KAN menunjukkan bahwa 6 Parameter yang diuji memenuhi baku mutu.

    Pembuangan limbah ke badan sungai wajib memenuhi baku mutu dan perusahaan wajib memiliki izin pembuangan dari instansi terkait. Sementara sampai saat ini, PT SJI belum memiliki Izin Pembuangan Limbah Cair. Karena, sampel yang diambil Tim Verifikasi DLH Pasca terjadinya pencemaran limbah, bukan sampel saat peristiwa terjadi.

    “Kami menyadari sampelnya bukan sampel waktu kejadian jadi ada interval beberapa minggu. Karena kami juga baru menerima laporan masyarakat seminggu setelah kejadian, jika sampelnya waktu kejadian, tentu hasilnya pasti berbeda,” ujarnya

    “Ini menjadi pelajaran bagi warga, jika ada terjadi pencemaran lingkungan berdasarkan laporan masyarakat, sesuai dengan SOP DLH Rohul, kami akan turun segera kelokasi menindaklanjuti itu,” kata Muzayyinul yang juga sebagai Pimpinan Rapat saat Ekspose menindaklanjuti Dugaan Pencemaran lingkungan di PT SJI Nusa Coy.

    Ekspose dan Rapat Tindak Lanjut Dugaan Pencemaran di PT PT SJI Nusa Coy, yang digelar Di Aula Kantor DLH Rohul Komplek Perkantoran Bina Praja, Pasir Pengaraian, Rabu (3/7/2019). KTU PT SJI Jojor Ito Pakpahan juga memaparkan hasil Progres yang dilakukan perusahaannya berdasarkan rekomendasi dari Tim Verifikasi DLH Rohul.

    “Dari progres tersebut, kita berupaya memompakan air lindi dari bak penampungan, Mengelola tumpukan tangkos, memperbaiki pompa bak penampungan ke kolam IPAL, membersihkan parit kebun yang masih mengandung limbah. Terkait tumpukan tangkos, pihak perusahaan bekerjasama dengan swasta mengenai pengelolaan tangkos untuk perkebunan masyarakat setempat,” ujarnya

    Sementara itu, LPMD Desa RBS Andi Putra S.Sos M.Si MM mengaku tidak melawan hasil Laboratorium DLH Rohul, karena yang menjadi pertanyaan bagi warganya adalah terkait sampel yang digunakan DLH Rohul diambil seminggu setelah kejadian.

    “Tentunya kami mengakui hasil Lab DLH Rohul, tentunya kami bertanya-tanya terkait sampel yang digunakan. Pasalnya, saat peristiwa itu terjadi kami berada dilokasi, kejadiannya 4 Juni 2019 sementara sampel yang diambil pada tanggal 13 Juli 2019,” kata Andi

    Tambah Andi, atas kerugian yang dirasakan masyarakat saat limbah mencemari lingkungan sangat terasa di Sungai Bakong RBS, yang sehari-hari dimanfaatkan masyarakat untuk mencari ikan. 

    Dia meminta solusi dari perusahaan agar bertanggungjawab dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

    Hal yang senada juga ditegaskan Kepala Desa Rantau Binuang Sakti Thamrin, dirinya meminta pihak perusahaan tidak menutup diri atas peristiwa tersebut. Bahkan ia mendapat informasi, ada orang perusahaan menganggap dirinya dan warga hanya mencari kesalahan.

    “Jadi seolah-olah saya sakit hati dengan SJI, padahalkan tidak, karena kami memiliki hubungan horizontal dan kerjasama ekonomi. Cuma kami meminta agar pihak Perusahaan bertanggungjawab, setiap perkataan yang dikeluarkan jangan memancing emosi masyarakat,” ujarnya 

    “Kalau memang perusahaan benar-benar membuang limbah ke badan sunngai, mohon diakui kebenarannya dan jangan memutarbalikkan fakta, mohon pihak perusahaan jelaskan titik terang masalah ini, karena selama ini kita saling menjaga kemitraan dengan masyarakat serta membangun komunikasi yang baik,” tegasnya

    Tambah Thamrin, meski PT SJI telah mencapai kesepakatan dengan Desa Ulak Patian, Ia juga meminta pertanggungjawaban yang sama kepada pihak perusahaan. 

    “Hari ini saya juga minta kesepakatan dari perusahaan, ini bukan untuk kepentingan saya, tapi ini untuk warga saya. Makanya saya bawa warga saya dan unsur Desa,” ujar Thamrin

    Mill Menejer PT SJI Nusa Coy Anald R. Sirait mengatakan Green Design dari pertemuan tersebut, diakuinya untuk mencari solusi kerjasama atau tanggungjawab sosial perusahaan kepada warga RBS yang terdampak limbah perusahaan.

    “Ini sudah kita Planningkan, Pada prinsipnya perusahaan dan Direksi telah menyetujui. Secara prinsip kita sudah oke, tentunya kami menyepakati tuntutan warga RBS sesuai dengan kemampuan Perusahaan, untuk itu berikan kami waktu dan kita terus jalin komunikasi,” kata Sirait

    PT SJI Sepakati  7 Tuntutan warga RBS 

    Setelah melalui rapat yang alot, akhirnya PT SJI Nusa Coy dengan Masyarakat RBS mencapai kesepakatan. 7 (Tujuh) item tuntutan masyarakat RBS yang telah disetujui PT SJI Nusa Coy, diantaranya Membantu memperbaiki jalan (sertu) dan peminjaman alat berat, Bantuan Pembangunan Mesjid, Rekrutmen Tenaga Kerja di Prioritaskan dari masyarakat RBS sesuai kebutuhan masyarakat.

    Selain itu, PT SJI wajib melakukan penebaran bibit ikan Baung atau sejenisnya di Sungai Bakong RBS disaksikan oleh DLH Rohul, Tanggungjawab Sosial Perusahaan (TJSP) setiap tahun, Poin 1 sampai dengan poin 6 diatas akan dibantu oleh perusahaan sesuai dengan kemampuan perusahaan, Pihak perusahaan wajib melaporkan pelaksanaan bantuan yang diberikan kepada Desa RBS kepada DLH Rohul secara tertulis dan dilengkapi dengan foto/dokumentasinya.

    Mengenai kesepakatan antara perusahaan dan masyarakat, Pihak DLH Rohul juga meminta kepada perusahaan untuk segera merealisasikannya. DLH Rohul juga meminta kepada PT SJI Nusa Coy untuk segera melakukan Restocking bibit ikan dialiran Sungai yang terdampak limbah dengan mengundang DLH Rohul.
    Editor : JK
    Sumber : Hen



     
    Berita Lainnya :
    Pemerintah Desa Rambah Tengah hilir Bagikan Masker Gratis Akibat Kabut Asap Yang Melanda Rokanhulu.
    Bupati Rohul H.Sukiman Tinjau Tempat Kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan di RBS
    Dapat Restu Ibu dan Istri Arfizal Anwar Alias Pican Mantapkan Diri Maju Sebagai Cabup diPilkada 2020
    Siswa MTsN.3 Rokan Hulu Bagi Ratusan Masker Kepada Masyarakat
    Bupati Sukiman Buka Lomba Pacu Sampan Di Danau Purieh, Bupati:Seluruh OPD Harus Mengirimkan Utusan
    H.Sukiman Calon Petahana Ikut Mendaftar Penjaringan Cabub dan Cawabup Jalur PDI-P.
    Kondisi Asap Semakin Tebal, Anggota DPRD Rohul Bagikan Masker
    DPC PDI-P Buka Pendaftaran Untuk Umum Cabup / Cawabup Pilkada 2020.Target Menang Minimal 5 Kab/Kota
    Launching ke 3 Dengan Tema Masyarakat Desa Sadar Pentingnya BPjS Ketenagakerjaan
    Ketua Bhayangkari Daerah Riau Lakukan Bakti Sosial Saat Kunkernya Ke Rokanhulu.
    Bupati RokanHulu Hadiri Panen Ikan Larangan Didesa Rokan Koto Ruang Kec. Rokan IV Koto
    Demi Keamanan dan Kedamaian Ketua FKUB Rokanhulu gelar Testimoni Terkait Isu Tak Bertanggung Jawab
    Melalui PKMS Tim Dosen UPP Pacu Produktivitas UMKM Marning Mbok Jas Di Desa Masda Makmur
    Galeri Pelantikan Anggota DPRD Rohul Periode 2019-2020 oleh Ketua PN Pasir Paangaraian Sunoto SH, MH
    Polres Rohul Ungkap 25 kasus Cabul Selama 2019
    Anggota DPRD Rohul Yang Dilantik Harus Siap Menjalankan Tugas Dan Fungsinya Sebagai Wakil Rakyat
     
    Komentar Anda :

     
     
    MOST READ
    1 Bersama Senkom
    Wakapolresta Pekanbaru Cek Pos Kesiapan Natal dan Tahun Baru 2018 
    2 Tingkatkan Mutu Dosen , “LPMP UNIKS Gelar Pelatihan Pekerti-AA”
    3 Polresta Pekanbaru Melaksanakan Pengamanan Peringatan Hari Santri Nasional 2017
    4 Menuju Riau Madani 2018
    Walikota Dr H Firdaus Ngaji Bareng Jamaah LDII Se Pekanbaru
    5 Fekon CUP II UPP Antar Pelajar Se Rohul Kembali Digelar
    6 Sabu 7,5 Kg dan 28 Ribu Butir Ekstasi Senilai 15 M Berhasil Diamankan Polda Riau
    7 Cek Kesiapan Personil
    Kapolda Riau Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Zebra Siak 2017
    8 Naikan APBD Setiap Tahun
    Pemkab Rohil Tingkatkan PAD Melalui Sektor Wisata
    9 Opini
    Wasiat Kapolri Paling Jujur
    10 Kapolda Riau Bantah Berita Hoax dari media wahanariau.com
     
    BERITA TERBARU
    Jumat, 13/09/2019 - 14:25 WIB
    Pemerintah Desa Rambah Tengah hilir Bagikan Masker Gratis Akibat Kabut Asap Yang Melanda Rokanhulu.
    Bupati Rohul H.Sukiman Tinjau Tempat Kelahiran Syekh Abdul Wahab Rokan di RBS
    Dapat Restu Ibu dan Istri Arfizal Anwar Alias Pican Mantapkan Diri Maju Sebagai Cabup diPilkada 2020
    Siswa MTsN.3 Rokan Hulu Bagi Ratusan Masker Kepada Masyarakat
    Bupati Sukiman Buka Lomba Pacu Sampan Di Danau Purieh, Bupati:Seluruh OPD Harus Mengirimkan Utusan
    H.Sukiman Calon Petahana Ikut Mendaftar Penjaringan Cabub dan Cawabup Jalur PDI-P.
    Kondisi Asap Semakin Tebal, Anggota DPRD Rohul Bagikan Masker
    Follow: