www.jurnalriau.com
Minggu, 24 Maret 2019
Menuju Smartcity
Pekanbaru Sukses Terapkan Program Gas Rumah Tangga

Senin, 26/02/2018 - 17:21:21 WIB

TERKAIT:
 
  • Pekanbaru Sukses Terapkan Program Gas Rumah Tangga
  •  
    Jurnalriau.com | Pekabaru - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru berhasil menjalankan Program Gas Rumah Tangga, Kecamatan Lima Puluh jadi percontohan. Dinilai berhasil, dua kecamatan lainnya akan menyusul tahun ini, yaitu kecamatan Sail dan Pekanbaru Kota.

    Walikota Pekanbaru, DR Firdaus ST MT saat peluncuran program gas rumah tangga ini beberapa waktu lalu langsung mencoba menggunakan gas rumah tangga. Ia menghidupkan kompor yang sudah dialiri gas. Seketika itu, kompor gas milik warga langsung menyala.

    "Tanjung Rhu kita pilih sebagai pilot projek program ini karena wilayah ini merupakan kampung awal mula berdirinya Pekanbaru," kata Firdaus.

    Untuk tahap awal ini setidaknya ada 3.713 rumah warga yang ada di Kecamatan Limapuluh akan dialiri gas rumah tangga. Saat ini, seluruh rumah warga yang ada di Kecamatan Limapuluh sudah dipasang instalasi pipa gas. Namun, untuk mengalirkan gas ke rumah-rumah warga yang sudah dipasangan instalasi pipa gas tersebut akan dilakukan secara bertahap.

    Katanya, ada banyak keuntungan menggunakan gas rumah tangga ini. Selain murah dan mudah, gas rumah tangga ini juga jauh lebih aman jika dibandingkan dengan menggunakan tabung gas elpiji.

    Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi belum lama ini bahkan mendatangi Kantor Migas di Jakarta bersama beberapa pejabat di lingkungan Pemko Pekanbaru. Kedatangan Ayat ini tak lain untuk meminta penambahan jumlah kuota jaringan pipa gas rumah tangga. Direncanakan, penambahan jumlah gas rumah tangga ini akan dilakukan untuk di tiga Kecamatan setelah Kecamatan Sail, Lima Puluh dan Pekanbaru Kota.

    "Penambahan akan dilakukan di tahun 2019 mendatang. Di tahun 2019 akan diprioritaskan lagi di tiga kecamatan yaitu Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Senapelan dan Kecamatan Marpoyan Damai," kata Ayat.



    Untuk tahap bantuan tahun 2019 tersebut itu, usulannya masuk di tahun 2018. Bahkan, untuk jaringan gas rumah tangga tahap ketiga ini, Pemko Pekanbaru akan merencanakan lebih matang. "Semoga bantuan ini nantinya segera terwujud dengan baik untuk masyarakat ditiga kecamatan," ujarnya.

    Dengan beroperasinya gas kota nantinya maka akan mengurangi pemakaian elpiji tabung tiga kilogram. "Keuntungannya pakai gas kota harga lebih murah, keberlangsungan suplai dan keselamatan terjamin," imbuhnya.

    Ayat menyebut, keberhasilan masuknya jaringan gas rumah tangga ke masyarakat tidak lepas dari adanya peran serta dan dukungan masyarakat sehingga pembangunan city gas berjalan tanpa kendala.

    "Seperti ketika pemasangan pipa gas dan instalasi harus dikawal oleh SKPD terkait sehingga tidak ada kendala. Untuk itu, ini perlu dukungan semua pihak dan saya berharap Pekanbaru bisa mencontoh Pemda Prabumulih yang telah sukses menjalankan program ini," ungkapnya.

    Kota Prabumulih, dikatakan Ayat menjadi kota percontohan dimana pemerintah maupun warganya sangat kooperatif dan mendukung program Jaringan Nasional (Jargas). Kedua faktor itu menjadi kunci penting keberhasilan program jargas yang bisa ditiru kota/kabupaten lain di Indonesia.

    "Di Prabumulih sekarang sudah 32.000 Sambungan Rumah tangga (SR) jaringan City Gas. Jumlah ini merupakan yang terbesar di Indonesia dan pilot project city gas nasional," kata Ayat menambahkan.

    Keberhasilan yang dilakukan Pemda Prabumulih tidak lepas dari adanya peran serta dan dukungan masyarakat sehingga pembangunan city gas berjalan tanpa kendala. "Seperti ketika pemasangan pipa gas dan instalasi harus dikawal oleh SKPD terkait sehingga tidak ada kendala. Untuk itu, ini perlu dukungan semua pihak dan saya berharap Pekanbaru bisa mencontoh Pemda Prabumulih," pintanya.



    Disisi lain, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, mengatakan program Jaringan Gas rumah tangga ini adalah sebuah bentuk terobosan menuju smartcity melalui perwujudan smart energy dan smart ekonomi.

    "Upaya ini mendapatkan momentum tatkala Pemerintah melalui kemeterian ESDM memprogramkan citygas di beberapa kota diseluruh Indonesia. Untuk Kota Pekanbaru telah dilakukan tahapan pembangunan city gas dimaksud sejak tahun 2015," kata Ingot.

    Ia menyebut, pada pertengahan tahun 2016 lalu sudah dilaksanakan "Gas In" yang dilakukan langsung oleh Walikota Pekanbaru di Kecamatan Limapuluh. Dimana pada tahun tersebut telah dilakukan pemasangan sebanyak 3713 sambungan rumah tangga.

    "Pada tahun 2017 dilanjutkan dengan kecamatan Sail dan sebagian Pekanbaru Kota sebanyak lebih dari 3000 sambungan lagi. Untuk selanjutnya Pemko Pekanbaru telah mengusulkan 10.000 sambungan lagi untuk Kecamatan Sukajadi, Marpoyan Damai, dan Kecamatan Bukit Raya," imbuhnya.

    Dalam operasionalnya, Pemerintah Kota Pekanbaru dan Pertagas Niaga telah menunjuk PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) sebagai Operator melalui mana masyarakat pelanggan dapat berinteraksi tentang penmanfaatan city gas.

    "Diharapkan melalui citygas ini masyarakat bisa mengakses energi dengan lebih mudah, lebih murah, dan lebih cerdas. Disamping itu, dengan kapasitas yang besar, maka citygas juga diharapkan akan mendorong tumbuh kembangnya Industri Rumah Tangga," ujarnya.

    Sementara itu, Heri salah satu warga di Kecamatan Sail sangat menyambut baik langkah Pemko Pekanbaru yang menerapkan program City Gas bagi rumah tangga ditengah susahnya mendapatkan gas elpiji. "Jika masyarakat di Kecamatan lain masih mengantri gas elpiji, kami sudah ada jargas rumah tangga. Tinggal bagaimana kita menikmati dan menjaga jargas ini," katanya.

    Tidak hanya Heri, Daryanti juga mengapreasi langkah Pemko Pekanbaru yang telah menyalurkan Jargas kepada masyarakat di Kecamatan Pekanbaru Kota. "Alhamdullilah, dengan adanya jargas kami lebih mudah saat memasak. Tidak lagi harus susah payah mencari gas elpiji karena dirumah sudah ada jaringan gas rumah tangga," bebernya.

    Sebelumnya, Manager City Gas PT Pertagas Niaga Virani Yusita Sari saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya sudah pernah melakukan rapat koordinasi dengan pihak hulu gas yakni PT Energi Mega Persada Bentu selaku suplayer serta Pertamina.

    "Nantinya gas kota sudah bisa langsung mengalir ke rumah tangga yang sudah dipasangi jaringan pipa selama ini," kata Virani.

    Nantinya, Pemko Pekanbaru akan mempercayakan pengelolaan City Gas (Gas Kota) ke Perusahaan Daerah Kota Pekanbaru. "Pemerintah Kota Pekanbaru mempercayakan pengelolaan bisnis gas kota (city gas) di Kecamatan Limapuluh kepada anak Perusahaan Daerah Pembangunan," ujar Ingot.

    Ditambahkan mantan Kabag Humas Pemko Pekanbaru, pemberian kepercayaan ini sudah sesuai aturan dan atas sumbang saran dari Pertagas Niaga yang kini membangun sambungan jaringan. "Untuk penyerahan sudah dikaji sejauh mana kesiapan Perusahaan Daerah," imbuhnya.

    Menurut Ingot anak perusahaan Perusahaan Daerah yang akan mengelola bisnis ini diharapkan mampu menekan biaya subsidi dan hindari penambahan modal. "Dalam kondisi keuangan yang saat ini krisis, Pemko tidak ingin kedepan gas kota ini beroperasi tetapi menambah beban pengeluaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD)," pungkasnya. (Advertorial)



     
    Berita Lainnya :
    Ketua KONI Rohul, Tutup D, Licience Nasional Coaching Course 2019
    Pelatihan Dan Pembinaan Bela Negara Bagi Kader PKK Rokan Hulu Dibuka Secara Langsung Oleh Bupati Kab
    KONI Rohul Gelar Telent Scouting Siswa U12 Dan U14
    LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul Hadiri Rakornas Ke 2 LPPL Radio dan Televisi Nasional d
    IMLAK Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Desa KBM
    Tokoh Muda Luhak Kepenuhan Minta Pemerintah Menyediakan Mobil Pemadam Kebakaran Satu Unit Setiap Ke
    Dihadiri Ketua KONI Rohul Turnamen Bola Voly Kapolres Cup Rohul Dibuka
    Diduga Buang Limbah ke Sungai, Polisi Panggil Manajemen PT MAN
    Hari Peduli Sampah Nasional Polres Rokan Hulu Gelar Bakti Sosial
    Bupati Rohul Hadiri Rakernas Indonesia Bersih di Jakarta
    Fekon CUP II UPP Antar Pelajar Se Rohul Kembali Digelar
    Team Opsnal Polres Rohul Berhasil Mengungkap Perjudian Jenis Dadu Dengan Aplikasi Dadu Handphone
    Bawaslu Gelar Raker Peningkatan Kapasitas SDM Panwascam Kabupaten Rokan Hulu
    IMLAK- UPP Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Desa Kepenuhan Timur
    Akses Jalan Menuju Dua Desa Di Kecamatan Kepenuhan Rusak Parah Ekonomi Warga Ikut Lumpuh

     
    Komentar Anda :

     
     
    MOST READ
    1 Bersama Senkom
    Wakapolresta Pekanbaru Cek Pos Kesiapan Natal dan Tahun Baru 2018 
    2 Tingkatkan Mutu Dosen , “LPMP UNIKS Gelar Pelatihan Pekerti-AA”
    3 Polresta Pekanbaru Melaksanakan Pengamanan Peringatan Hari Santri Nasional 2017
    4 Menuju Riau Madani 2018
    Walikota Dr H Firdaus Ngaji Bareng Jamaah LDII Se Pekanbaru
    5 Naikan APBD Setiap Tahun
    Pemkab Rohil Tingkatkan PAD Melalui Sektor Wisata
    6 Cek Kesiapan Personil
    Kapolda Riau Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Zebra Siak 2017
    7 Fekon CUP II UPP Antar Pelajar Se Rohul Kembali Digelar
    8 Sabu 7,5 Kg dan 28 Ribu Butir Ekstasi Senilai 15 M Berhasil Diamankan Polda Riau
    9 Kapolda Riau Bantah Berita Hoax dari media wahanariau.com
    10 Opini
    Wasiat Kapolri Paling Jujur
     
    BERITA TERBARU
    Rabu, 20/03/2019 - 20:00 WIB
    Ketua KONI Rohul, Tutup D, Licience Nasional Coaching Course 2019
    Pelatihan Dan Pembinaan Bela Negara Bagi Kader PKK Rokan Hulu Dibuka Secara Langsung Oleh Bupati Kab
    KONI Rohul Gelar Telent Scouting Siswa U12 Dan U14
    LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul Hadiri Rakornas Ke 2 LPPL Radio dan Televisi Nasional d
    IMLAK Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran Desa KBM
    Tokoh Muda Luhak Kepenuhan Minta Pemerintah Menyediakan Mobil Pemadam Kebakaran Satu Unit Setiap Ke
    Dihadiri Ketua KONI Rohul Turnamen Bola Voly Kapolres Cup Rohul Dibuka
    Follow: