www.jurnalriau.com
Senin, 26 08 2019
Menpan-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik Pekanbaru

Jumat, 08/03/2019 - 08:23:32 WIB
MenPAN-RB, Drs Syafruddin MSi bersama Gubernur Riau, H Syamsuar dan Walikota Pekanbaru DR Firdaus MT melakukan pemotongan pita peresmian.
TERKAIT:
 
  • Menpan-RB Resmikan Mal Pelayanan Publik Pekanbaru
  •  
    JURNALRIAU.COM, PEKANBARU - Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru merupakan pusat pelayanan terpadu satu pintu terbaik dan terlengkap dari 14 MPP kabupaten/kota yang sudah beroperasi sejak 2018 hingga 2019 ini. 

    Hal ini disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin menyatakan, saat memberi sambutan pada peresmian pengoperasian MPP Pekanbaru, di halaman kantor Walikota Pekanbaru, Rabu (6/3/2019).

    Peresmian atau grand opening diawali dengan penandatangan MoU atau kerja sama antara pemerintah kota dengan 24 instansi pemerintah, lembaga, perbankan dan badan usaha milik daerah dan negera yang turut memberi pelayanan di MPP.

    Usai menandatangani MoU dilanjutkan penandatanganan prasasti MPP oleh Menpan Syafruddin. Kemudian dilakukan pengguntingan pita oleh Menpan bersama Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Pekanbaru Firdaus.Setelah pengguntingan pita, Menpan langsung meninjau satu per satu gerai pelayanan milik instansi pemerintah, lembaga, perbankan dan badan usaha milik daerah dan negera yang memberi pelayanan di MPP.

    Gambar mungkin berisi: 6 orang, termasuk Ldii Indragiri Hulu dan Zainal Bahri, orang tersenyum, orang berdiri
    MenPAN-RB, Drs Syafruddin MSi, Gubernur Riau, H Syamsuar dan Walikota Pekanbaru, DR Firdaus MT berfoto bersama.


    "Ruangannya cukup luas, servis cukup banyak, lengkap, dan banyak memberi pelayanan perizinan dan non perizinan," ujar Menpan usai peninjauan.

    Menpan menyebut, MPP merupakan inovasi pelayanan yang sengaja dirancang bertujuan memberi pelayanan berkualitas sehingga masyarakat bisa terlayani secara efisiens dan efektif.

    "MPP ini memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang maksimal, sehingga masyarakat dapat terlayani dengan baik," ucapnya.
    Mantan Wakapolri itu menuturkan keberadaan MPP merupakan wujud kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat serta jawaban atas kebijakan publik yang harus adaptif dan berkelanjutan. Tujuan akhir dari keberadaan MPP adalah peningkatan pelayanan, dengan sasaran akhir kepuasan masyarakat.

    Gambar mungkin berisi: 6 orang, orang berdiri
    MenPAN-RB, Drs Syafruddin MSi menandatangani nota kesepahaman penyelenggaraan MPP.

    "Karena semua berubah dengan cepat, dinamis. Semua negara di dunia melakukan inovasi, termasuk Indonesia. Harus cepat dan adaptif," ujarnya.

    Usai meresmikan MPP Pekanbaru, Menpan-RB menyempatkan meninjau satu per satu layanan yang tersedia di gedung yang sebelumnya merupakan Kantor Walikota Pekanbaru tersebut. Dia menilai bahwa MPP Pekanbaru merupakan salah satu yang terluas di Indonesia, dengan pelayanan komplit.

    Namun, di akhir peninjauan, Syafruddin menyesalkan tidak adanya pelayanan PT PLN di MPP. Ternyata, Syafruddin menilai ketiadaan layanan PLN tidak hanya di MPP Pekanbaru, melainkan sejumlah MPP lainnya di Indonesia.

    "Cukup luas gedungnya. Servis banyak. Unsur-unsur lengkap. Ada 173 pelayanan. Satu yang disayangkan. PLN. Setelah ini Dirut PLN saya panggil untuk menempatkan pelayanannya di MPP," tegas Syafruddin.

    Gambar mungkin berisi: 2 orang, orang duduk dan dalam ruangan
    MenPAN-RB, Drs Syafruddin MSi, berdialog bersama pegawai MPP Pemko Pekanbaru.

    Walikota Pekanbaru, Firdaus menambahkan jika pembangunan gedung MPP yang berada di pusat Kota Pekanbaru tersebut dimulai sejak 2018 lalu. Saat ini, terdapat 24 instansi dari kementerian dan lembaga menghuni MPP pertama di Provinsi Riau itu.

    Ke depan, Firdaus menjanjikan akan memperluas gedung guna menampung lebih banyak layanan publik secara terintegrasi. Saat ini, lanjutnya, MPP Pekanbaru menggunakan dua gedung yang sebelumnya kantor Walikota. Gedung A dan B dengan luas 4.000 meter persegi.

    "Yang kita resmikan ini tahap pertama dari layanan yang lengkap. Dari empat gedung, kita akan jadikan sebagai MPP Pekanbaru seluruhnya. Insya Allah," kata Firdaus.

    Pantauan Antara, gedung MPP Pekanbaru terlihat modern, namun tidak melupakan kesan budaya melayu. Bagian luar gedung terdapat ornamen Kapal Lancang Kuning yang berlayar dan mengarungi ombak di lautan. Bagian depan gedung juga terlihat luas, dengan berbagai layanan, mulai dari perbankan, perizinan investasi, pembuatan paspor, layanan kepolisian, hingga kejaksaan.

    Sementara itu, Walikota Pekanbaru Firdaus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Menpan RB Syafruddin yang telah menyempat waktunya untuk meresmikan MPP Pekanbaru.

    Dikatakan walikota, MPP yang mulai dibangun pada 2018 lalu itu merupakan komitmen pemerintah kota dalam menyukseskan program Kemenpan RB dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat dan pelaku usaha melalui pelayanan terpadu satu pintu.

    "Awalnya, ibu Deputi Pelayanan Publik sempat ragu ketika kita sebutkan lokasi pembangunannya. Namun kami optimis, 2018 dimulai pembangunan dengan merenovasi lantai dasar kantor walikota. Alhamdulillah, dalam waktu sangat pendek, 4 bulan, kami bisa menyelesaikan," ucapnya.

    Saat ini, terang walikota, MPP dengan luas ruangan sekitar 4.000 meter persegi melayani sebanyak 173 perizinan dan non perizinan yang terdiri 96 perizinan ditangangi DMP-PTSP serta 77 pelayanan oleh 24 instansi pemerintah, lembaga, perbankan serta badan usaha milik daerah.

    "Apa yang kita resmikan ini tahap pertama pelayanan. Nanti akan ada gedung B, Kantor Bappeda untuk pelayanan Disdukcapil. Untuk administrasi kependudukan ini 14 konter kami siapkan untuk pelayanan capil," papar walikota. 

    Gubernur Riau Berikan Apresiasi 
    Di tempat yang sama, Gubernur Riau Syamsuar menyampaikan apresiasi dengan diopesikannya Mal Pelayanan Publik Pekanbaru. Menurut Gubri, MPP merupakan inovasi dalam pelayanan publik. 

    "Yang mana dulu terpisah, tidak efisien, sekarang sudah bisa diproses dalam satu gedung melalui pelayanan terpadu satu pintu," ucapnya. 

    Dengan adanya MPP, Gubri berharap mampu membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) berintegritas sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat akan semakin maksimal ke depannya.

    "Untuk itu, atas nama Pemerintah Provinsi Riau kami sampaikan ucapan terima kasih kepada walikota atas pembangunan MPP," tutupnya. (Advertorial/ Humas Pemko)




     
    Berita Lainnya :
    Memeriahkan Hut RI Ke 74 RSLL Diskominfo Rohul Gelar Lomba Karaoke dan Cover Lagu Nasional
    Wisudawan Ini Kecewa Karena Bupati Rohul Tidak Hadir
    Wisuda Ke XIII,UPP Lepas 558 Mahasiswa/i satu diantaranya Cumlaude dengan IPK 3,89
    Gustian Riau Putra Asli Rokanhulu Siap Maju Pada Pilkada 2020 Saingi Incumbent
    RAT Koni Rokanhulu, Kedepan Berharap Bantuan Infrastruktur dan pembiayaan Maksimal Dari Pemerintah
    Upacara Penurunan Bendera Pada HUT RI Ke 74 Tingkat Kab Rokanhulu.
    525 Narapidana Lapas IIB Rokanhulu Mendapat Remisi Pada HUT RI Ke 74 Tahun 2019
    Upacara HUT RI 74 Tingkat Kab Rokanhulu, Bupati: Jaga persatuan dan kesatuan bangsa
    IPK Rokan Hulu ikut andil dlm pelaksanaan kegiatan Hut RI 17 Agustus 2019,
    Syukuran 100 %desa berlistrik,Bupati ucapkan terimaksihnya kepada pihak PT. PLN
    Pelantikan pengurus Cabang Sapma PP Rohul periode 2019-2021, Bupati:Mari Bersama Membangun Rokanhulu
    Lomba Seni Lukis Alam Wisata Rokanhulu Kali Pertama Dilakukan Tingkat SD Dan SMP
    Penentuan Direktur Perusda Dari Tiga Calon Tersisa Dalam Waktu Dekat
    Bupati H.Sukiman Hadiri Acara Haul Syech Ma'sum Tambusai.
    Bupati Lantik Kades Pasir Jaya pengganti sisa Periode 2019-2022
    Penggunaan Dana Desa Para Kades Diminta Penuhi Kewajiban Bayar Pajak
     
    Komentar Anda :

     
     
    MOST READ
    1 Bersama Senkom
    Wakapolresta Pekanbaru Cek Pos Kesiapan Natal dan Tahun Baru 2018 
    2 Tingkatkan Mutu Dosen , “LPMP UNIKS Gelar Pelatihan Pekerti-AA”
    3 Polresta Pekanbaru Melaksanakan Pengamanan Peringatan Hari Santri Nasional 2017
    4 Menuju Riau Madani 2018
    Walikota Dr H Firdaus Ngaji Bareng Jamaah LDII Se Pekanbaru
    5 Fekon CUP II UPP Antar Pelajar Se Rohul Kembali Digelar
    6 Cek Kesiapan Personil
    Kapolda Riau Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Zebra Siak 2017
    7 Sabu 7,5 Kg dan 28 Ribu Butir Ekstasi Senilai 15 M Berhasil Diamankan Polda Riau
    8 Naikan APBD Setiap Tahun
    Pemkab Rohil Tingkatkan PAD Melalui Sektor Wisata
    9 Opini
    Wasiat Kapolri Paling Jujur
    10 Kapolda Riau Bantah Berita Hoax dari media wahanariau.com
     
    BERITA TERBARU
    Minggu, 25/08/2019 - 11:46 WIB
    Memeriahkan Hut RI Ke 74 RSLL Diskominfo Rohul Gelar Lomba Karaoke dan Cover Lagu Nasional
    Wisudawan Ini Kecewa Karena Bupati Rohul Tidak Hadir
    Wisuda Ke XIII,UPP Lepas 558 Mahasiswa/i satu diantaranya Cumlaude dengan IPK 3,89
    Gustian Riau Putra Asli Rokanhulu Siap Maju Pada Pilkada 2020 Saingi Incumbent
    RAT Koni Rokanhulu, Kedepan Berharap Bantuan Infrastruktur dan pembiayaan Maksimal Dari Pemerintah
    Upacara Penurunan Bendera Pada HUT RI Ke 74 Tingkat Kab Rokanhulu.
    525 Narapidana Lapas IIB Rokanhulu Mendapat Remisi Pada HUT RI Ke 74 Tahun 2019
    Follow: