www.jurnalriau.com
Selasa, 12 November 2019
Jumat, 14/12/2018 - 09:23 WIB
Polres Inhil Praktek Lapangan Pam TPS
Selasa, 13/11/2018 - 12:15 WIB
Membunuh di Desa Kualu, Merampok di Asahan
LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul Hadiri Rakornas Ke 2 LPPL Radio dan Televisi Nasional d

Sabtu, 02/03/2019 - 18:41:31 WIB

TERKAIT:
 
  • LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul Hadiri Rakornas Ke 2 LPPL Radio dan Televisi Nasional d
  •  
    Jakarta – Sebagai bentuk komitmennya dalam meningkatkan eksistensi dalam penyebarluasan infomasi kepada masyarakat melalui Radio dan dengan harapan bisa sharing informasi dengan PengelolaLembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) lainnya se Indonesia.

     

    LPPL Radio Swara Lima Luhak (RSLL) Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) yang telah tergabung dalam Asosiasi LPPL Radio dan Televisi itu juga ikut berpartisipasi dan menghadiriAcara Focus Group Discussion (FGD) dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Ke-2 LPPL Radio Televisi Nasional 2019, Kamis (28/2/2019).

     

    Pelaksanaan Rakornas LPPL Radio Televisi Nasional 2019 ini dimulai sejak 28 Februari-1 Maret 2019, yang digelar di Hotel Best Western Mangga Dua, Jakarta Pusat. Pada kegiatan itu dengan mengusung Tema “Mari Kita Kawal Keutuhan NKRI Melalui Penyiaran Sampai Batas Negeri Dalam Mendukung Penyelenggaraan Otonomi Daerah di Era Digital".

     

    Rakornas tersebut, diikuti 150 LPPL Radio dan Televisi se Indonesia, termasuk salah satu diantaranya LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Kabupaten Rokan Hulu juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan FGD dan Rakornas Ke-2  LPPL Radio Televisi Nasional 2019 tersebut.

     

    Perwakilan LPPL Radio Swara Lima Luhak dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Rokan Hulu (Rohul) Gorneng S.Sos M.Si yang diwakilkan oleh Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) M. Yudi Arfian SP M.Si beserta staf.

     

    Kegiatan ini turut dihadiri sekaligus narasumber dari Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Dr. Sony Soemarsono MDN dan Sekretaris Jendral Kementrian Kominfo Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si dengan moderator, Dr. Farhil Huda, M.Pd.

     

    Rakornas tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Asosiasi Asosiasi LPPL Radio dan Televisi Nasional yang juga Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim ST MM, MBA. Selain Rakornas, juga digelar Focus Grup Discussion (FGD), 



    Terkait tatakelola program-program LPPL dan penyiarannya FGD dengan narasumber Dirjen OTDA Kementrian Dalam Negeri Dr. Sony Soemarsono MDN dan Sekretaris Jendral Kementrian Kominfo Dra. Rosarita Niken Widiastuti, M.Si.

     

    Ketua Asosiasi Asosiasi LPPL Radio dan Televisi Nasional Erwin Ibrahim ST MM, MBA mengatakan Substansi dalam kegiatan ini akan dilakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) terkait cegah tangkal penyebaran berita palsu (Hoax) sekaligus pengukuhan pengurus asosiasi LPPL Radio Televisi Nasional.

     

    “Dari 514 Kabupaten/Kota se Indoneia, tercatat yang sudah mempunyai LPPL Radio dan Televisi sebanyak 180 daerah,” ungkapnya dalam sambutan.

     

    Erwin mengaku dalam Kepengurusan LPPL yang baru terbentuk ini terdapat kekosongan kepemimpinan karena Sekjen yang sebelumnya mengundurkan diri.

     

    Setelah mendengar diskusi dari peserta juga kedua kandidat Sekjen yaitu Gabril Majid (Suka Bumi) dan Farid Sofian ( Kalsel), Erwin memutuskan  Gabril Majid menjadi Sekjen Asosiasi LPPL Radio - Televisi Nasional Se-Indonesia, 



    Yang mana beliau juga Kadis Kominfo Kota Sukabumi. Diharapkannya dengan Hasil FGD tersebut menjadi harapan Bangkitnya Asosiasi LPPL Radio - Televisi Nasional Se-Indonesia".

     

    Disela usai mengikuti Rakornas tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Dan Informatika (Diskominfo) Rokan Hulu (Rohul) Gorneng S.Sos M.Si melalui Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik (PIKP) M. Yudi Arfian SP M.Si, kepada wartawan, Sabtu (2/3/2019) mengatakan, mengikuti Rakornas ke 2 LPPL Radio Televisi Nasional 2019 ini, banyak ilmu dan informasi yang bisa dipetik, karena bisa share informasi dalam pengembangan dengan pengelola Radio di daerah lain.

     

    Lanjut Yudi Arfian, informasi-informasi penting yang diperoleh melalui Rakornas ini bisa di implementasikan di LPPL di Rohul. Dirinya berharap dengan dibentuknya Asosiasi LPPL Radio Televisi Nasional 2019 ini bisa menjadi wadah tempat berkumpulnya aspirasi rekan-rekan LPPL di daerah-daerah, demi terwujudnya sistem Penyiaran yang terbaik untuk Radio maupun Televisi.

     

    “Diskominfo Kabupaten Rokan Hulu sangat mendukung dibentuknya Asosiasi LPPL Radio Televisi-Nasional ini.Melalui Rakornas ini banyak juga mendapatkan masukan dari para pemateri untuk melahirkan siaran yang baik, berita edukasi untuk mencerahkan masyarakat dan termasuk menangkal informasi-informasi hoaxs,” kata Yudi

     

    Yudi Arfian, yang juga Mantan Kabid e-Governmen Diskominfo Rohul itu mengakui, LPPL Radio Swara Lima Luhak yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 Tahun 2013 tetang Pembentukan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Swara Lima Luhak dan telah mengantongi Izin Siaran Radio (ISR) dari KPID Riau, LPPL Radio Swara Lima Luhak tetap konsisten dalam menyuguhkan informasi-informasi pembangunan di Rohul.

     

    “Eksistensi LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul memiliki peran strategis dalam penyebarluasan informasi yang mengedepankan kearifan lokal dengan konten yang berbeda dari Lembaga Penyiaran Swasta, LPPL Radio Swara Lima Luhak Diskominfo Rohul terus berinovasi dan berkreativitas dalam setiap konten siaran, baik dibidang Pemerintahan, Pendidikan, Kesehatan, Sosial Kemasyarakatan, Adat, Religi, Olahraga dan lainya,” kata Yudi

     

    Diakhir acara juga dilakukan  pengukuhan Pengurus Asosiasi LPPL Radio - Televisi Nasional periode 2019 - 2022 oleh Dirjen OTDA Kementerian Dalam Negeri, Sony Sumarsono. Terpilih sebagai Ketua Erwin Ibrahim dan Sekjen Gabriel Madjid. Dalam kepengurusan juga dilengkapi Bendahara, Koordinator Wilayah, Kepala Bidang dan lainnya. (MC/Diskominfo)



     
    Berita Lainnya :
    Polda Riau Gelar Sosialisasi Rekrut Anggota Polri di Kalangan Pelajar Kampar 2020 Mendatang
    Pimpin Upacara Sumpah Pemuda, Neil Antariksa: Pemuda Riau Harus Kawal Pilkada 2020
    Breking News
    Tangkapan Polda Riau Terjadi di Rumbai, 60 Kg lebih Ganja Gagal ke Jambi
    Peduli Jiwa Zebra Muara Takus 2019, Aparat Berikan Motode Jitu Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas
    Masyarakat Luhak Kepenuhan Deklarasikan Ismail Hamkaz Maju Pilkada Rohul 2020
    DPC Partai Demokrat Sudah menerima Enam Pendaftaran Balon Bupati Rohul
    Presiden Usung Idham Aziz Sebagai Calon Tunggal Kapolri Baru
    Dishub Rokanhulu Lakukan Razia Gabungan Pengawasan Kendaraan Umum.
    Polda Riau Inisiasi Rakor Kasus Karhutla dengan Sistem Peradilan Pidana
    Polda Riau Tingkatkan Status PT. TI Estate Rantau Bakung Inhu ke Tahap Penyidikan Kasus Karhutla
    70 Pembakar Hutan Riau Ditetapkan Tersangka oleh Polda Riau
    H. Hamulian Nyatakan Sikap Siap Maju Bersama Demokrat
    Kapolda Riau Patroli Bersama TNI dalam Rangka Siaga Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres 2019
    Majelis Hakim Kabulkan Gugatan Koperasi BBL Desa Ulak Patian dengan PT PISP II
    Prestasi Membanggakan SDN 001 dan SDN 002 Rambah Kab. Rokanhulu Mejadi Juara Satu Ditingkat Nasional
    30.000 Personil Gabungan TNI - POLRI Disiapkan untuk Pengamanan Pelantikan Presiden dan Wapres
     
    Komentar Anda :

     
     
    MOST READ
    1 Bersama Senkom
    Wakapolresta Pekanbaru Cek Pos Kesiapan Natal dan Tahun Baru 2018 
    2 Tingkatkan Mutu Dosen , “LPMP UNIKS Gelar Pelatihan Pekerti-AA”
    3 Polresta Pekanbaru Melaksanakan Pengamanan Peringatan Hari Santri Nasional 2017
    4 Menuju Riau Madani 2018
    Walikota Dr H Firdaus Ngaji Bareng Jamaah LDII Se Pekanbaru
    5 Fekon CUP II UPP Antar Pelajar Se Rohul Kembali Digelar
    6 Sabu 7,5 Kg dan 28 Ribu Butir Ekstasi Senilai 15 M Berhasil Diamankan Polda Riau
    7 Cek Kesiapan Personil
    Kapolda Riau Pimpin Upacara Gelar Pasukan Operasi Zebra Siak 2017
    8 Opini
    Wasiat Kapolri Paling Jujur
    9 Kapolda Riau Bantah Berita Hoax dari media wahanariau.com
    10 Amankan 70 ekor Trenggiling
    Polda Riau Ungkap Pelaku Penyeludupan Trenggiling Senilai Rp.200 Juta
     
    BERITA TERBARU
    Senin, 28/10/2019 - 14:42 WIB
    Polda Riau Gelar Sosialisasi Rekrut Anggota Polri di Kalangan Pelajar Kampar 2020 Mendatang
    Pimpin Upacara Sumpah Pemuda, Neil Antariksa: Pemuda Riau Harus Kawal Pilkada 2020
    Breking News
    Tangkapan Polda Riau Terjadi di Rumbai, 60 Kg lebih Ganja Gagal ke Jambi
    Peduli Jiwa Zebra Muara Takus 2019, Aparat Berikan Motode Jitu Tekan Angka Kecelakaan Lalu Lintas
    Masyarakat Luhak Kepenuhan Deklarasikan Ismail Hamkaz Maju Pilkada Rohul 2020
    DPC Partai Demokrat Sudah menerima Enam Pendaftaran Balon Bupati Rohul
    Presiden Usung Idham Aziz Sebagai Calon Tunggal Kapolri Baru
    Follow: