www.jurnalriau.com
Rabu, 19 Februari 2020
Jumat, 14/12/2018 - 09:23 WIB
Polres Inhil Praktek Lapangan Pam TPS
Selasa, 13/11/2018 - 12:15 WIB
Membunuh di Desa Kualu, Merampok di Asahan
21:20 WIB - LAM Riau Apresiasi Kinerja Polri atas Penangkapan 11 Penyeludup Narkoba beserta BB 59 Kg Sabu 08:47 WIB - Kapolri Tekankan Tangani Karhutla Harus Dengan Hati Bersih Dan Ikhlas 22:20 WIB - Kapolri dan Panglima TNI Apresiasi Inovasi "Dashboard Lancang Kuning" Polda Riau Atasi Karhutla 13:38 WIB - Wujudkan Pelayanan Bersih dari KKN, SSDM Polri Canangkan Zona Integritas 21:00 WIB - Anggota DPR RI Efendi Sianipar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan Dihadapan Ratusan Masyarakat Pekanbaru 17:45 WIB - KKP bersama Komisi IV DPR RI Gelar Safari "Gerakan Makan Ikan" di Pondok Pesantren LDII Riau
Kasat PJR Dit Lantas Polda Riau, Kompol Indra Wijatmiko SIK
Siap Kampanye ke Kampus-kampus
Jumat, 19/10/2018 - 17:49:26 WIB

SEJUMLAH program kegiatan sudah disiapkan Kasat PJR Dit Lantas Polda Riau Kompol Indra Wijatmiko SIK sampai akhir 2018. Salah satunya PJR Go To Campus dengan menggelar lomba Cerdas Cermat Tingkat Perguruan Tinggi se-Riau. Lomba tentang lalu lintas ini bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya pengetahuan tentang aturan menggunakan jalan raya.
Menurut lulusan Akpol 2001 Batalyon Sarja Arya Racama (SAR) ini, pihaknya sedang menjajaki kerjasama dengan perguruan tinggi (PT) negeri dan swasta yang ada di Riau. Disamping itu juga melakukan pendekatan dengan instansi dan pihak terkait, termasuk sponsorship.
“Kita gelar lomba ini karena secara formal belum ada mata pelajaran lalu lintas diajarkan di SD, SMP dan SMU. Dengan adanya lomba tersebut para mahasiswa akan terpacu untuk mempelajari UU, aturan maupun etika berlalu lintas,” ujar Indra.
Menurut lulusan PTIK 2008 ini, Lomba Cerdas Cermat antar-Mahasiswa itu merupakan salah satu program unggulan PJR Dit Lantas Polda Riau tahun 2018. Selain itu beberapa program yang juga dilaksanakan dari September sampai akhir Desember 2018 antara lain:  Sambang Peduli Pengamanan Pengendalian Lalu Lintas, Menyediakan Aplikasi Layanan Berbasis Android, Reward and Punnishment untuk Personel serta Perlombaan Mako Ka Induk.  
Sesuai Commader Wish Kapolda Riau Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo agar memberikan pelayanan public menggunakan kemajuan Teknologi Informasi (TI), saat ini PJR sedang merancang aplikasi Guarding Deliver, GPS Tracker, dan Aplikasi Posisi Laka. 
Aplikasi Guarding Deliver merupakan aplikasi yang memudahkan masyarakat untuk permohonan pengawalan, misalnya untuk pengantaran jenazah ke kuburan. Mekanismenya sebagai berikut: Pemohon pengawalan  dapat dilakukan  melalui aplikasi android dan nantinya admin akan mendapatkan SMS berupa notifikasi. Jika sudah di approve oleh admin maka pemohon akan dapat notifikasi agar menunggu untuk kemudian dilakukan penjemputan.
Aplikasi GPS Tracker merupakan aplikasi untuk memantau segala aktifitas dan pergerakan mobil PJR Polda Riau. Mobil dapat terpantau secara rinci, baik pergerakan sampai keadaan bahan bakar minyak (BBM). Aplikasi ini menyimpan history yang dapat diputar kembali dimulai dari pergerakan hingga konsumsi BBM. 
Sedangkan Aplikasi Posisi Laka merupakan aplikasi visualisasi dari titik-titik kecelakaan lalu lintas (laka) di wilayah hukum Polda Riau. Aplikasi ini memungkinkan pemilik android melihat seluruh titik rawan laka yang berada di wilayah hukum Polda Riau serta terdapat profile dari wilayah tersebut.
“Semua aplikasi berbasis android ini kita siapkan untuk meningkatkan pelayanan public yang cepat, efisien dan efektif guna  mewujudkan keamanan, ketertiban, keselamatan dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas),” tukas pria kelahiran Dumai 4 Januari 1977 ini yang sudah dikaruniai 2 anak.
Sementara itu untuk meningkatkan etos kerja, PJR Dit Lantas Polda juga menerapkan Reward and Punnishment kepada seluruh personel. Masing-masing satu personel setiap bulannya akan mendapat Reward, dan satu mendapat Punishment (pembinaan). 
“Kita juga melaksanakan lomba antar Ka Induk se-Riau yang berjumlah 9 pos. Kriterianya, kelengkapan kantor, administrasi, kebersihan dan lain-lain,” tukasnya.
Indra yang berdinas sebagai personel Lantas di Kalbar, Sumsel, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) ini saat ditunjuk sebagai Kasat PJR sudah membuat komitmen/fakta integritas dengan seluruh anggota. Akta Komitmen Polisi Lalu Lintas itu terdiri dari 7 poin ditandatangani oleh 6 kanit dan 2 panit. (zar)

 
Profil :
  • Siap Kampanye ke Kampus-kampus
  •  
    Komentar Anda :

    Follow: